Senin, 24 Maret 2008
Mail Server
Merak Mail Server

Merak Mail Server ini ditulis berdasarkan kebutuhan-kebutuhan yang sering dijumpai dalam memanajemen sebuah mail sever seperti membuat domain, user, setting software email client, mailing list, remote administration dan webmail client, sehingga diharapkan pembaca panduan manual ini dapat menguasai dan menjalankan dasar-dasar administrasi software Merak Mail Server secara singkat dan jelas.

Membuat Domain

Langkah awal untuk memberikan alamat sebuah email pada Merak Mail Server adalah memberikan nama
domain. Caranya:

1. Klik menu Accounts kemudian pilih New Domain


2. Isikan Name untuk nama domain email mis: labkomputer-lpkt.sch.id
3. Isikan pada Description tentang deskripsi email server mis: Server email Labkomputer
4. Pada IP Address biarkan kosong.
5. Pada To juga biarkan kosong.
6. Isikan pada E-mail dengan alamat email user yang akan dijadikan sebagai pengelola mail server mis: admin@labkomputer-lpkt.sch.id. (User ini akan dibuat pada pembahasan user account).


7. Klik tombol Save untuk menyimpan konfigurasi yang telah dibuat.

Membuat User Account (alamat email pengguna)

Setelah domain mail server sudah dibuat maka pad tab Accounts akan muncul tampilan seperti di bawah ini:


Klik tanda plus pada panel account nama domain, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.


Domain labkomputer-lpkt.sch.id sudah terlihat pada panel account. Untuk membuat user account yang baru caranya:
1. Klik kanan Users yang ada pada panel Accounts
2. Pilih Add dan pilih New User

Maka akan muncul isian untuk user account. Karena kita akan membuat user yang akan mengatur email pada domain ini maka:

1. Pada Alias ketik admin, secara otomatis pada Mailbox akan terisi admin juga.
2. Isikan password untuk account admin pada Password teksboks.
3. Isikan pada Name untuk nama yang akan digunakan ketika account mengirim email ke user account yang lain mis: Full Administrator.



4. Pada tab special User Type pilihlah Administrator, untuk menjadikan account admin menjadi administrator pada email server ini.



5. Klik tombol Save untuk meyimpan konfigurasi yang telah kita buat. Sekarang pada panel account sudah muncul account user admin.


Lakukan langkah-langkah yang sama untuk menambah user yang baru lainnya dengan pengaturan tingkat level user yang diinginkan.

Pada Merak Mail Server ada empat level user account, yaitu:



• Administrator user : User ini memiliki hak untuk mengubah semua setingan yang ada pada semua domain yang ada pada mail server.

• Domain User: User ini dapat mengubah setingan user pada domain yang ditentukan untuknya.

• Self Configurable User: User ini dapat mengubah settingan dengan menggunakan web admin pada accountnya.

• Standars user: User account yang hanya bisa dapat mengubah settingan account dirinya melalui pemberitahuan ke administrator terlebih dahulu.

Konfigurasi Outlook Express sebagai Client Merak Mail Server

Setelah selesai membuat domain email server dan konfigurasi user email maka kini tinggal mensetting software penerima email yang ada pada user. Umumnya pengguna system operasi dari Windows 98 sudah terinstall software untuk membaca email yaitu Outlook Express. Sekarang kita lakukan konfigurasi email client lewat outlook Express:

1. Jalankan program Outlook Express
2. Pilih menu Tools, klik pilihan Accounts


3. Klik tombol Add dan pilih Mail…
4. Ketikkan di Display Name nama pengirim email yang gunanya akan ditampilkan pada penerima, mis: Full Administartion. Klik tombol Next.


5. Ketikkan alamat email yang telah dibuat di atas, yaitu: admin@labkomputer-lpkt.sch.id. Klik tombol Next.


6. Isikan nomor TCP/IP pada Incoming mail server dan Outgoing mail server. Klik tombol Next.


7. Masukkan nama account: admin dan Password: admin. Klik tombol Next


8. Klik tombol Finish. Klik tombol Close untuk menutup form konfigurasi. Sekarang Outlook Express siap digunakan.


Web Mail Client

Sebenarnya ketika user administrator sudah dibuat maka pada Merak Mail Server tidak perlu kita membuat account user baru dengan cara mengetikkan account user baru secara manual karena pada Merak Mail Server sudah ada fasilitas yang akan mengijinkan setiap user yang ingin memiliki email untuk membuat accountnya sendiri (web mail client). Yang mesti dilakukan oleh administrator adalah mengaktifkan dahulu fasilitas ini. Caranya:

1. Ketikkan pada Internet Explorer : http://localhost:32000/mail/admin
2. Masukkan nama user yang memiliki hak administrator domain mis: admin


3. Klik tombol Login

Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini



4. Klik tulisan link Settings. Beri tanda cek [] pada kotak pilihan Allow Sign-Up Process


5. Klik tombol Save Change untuk menyimpan perubahan seting yang sudah dibuat.

Ketiklah alamat http://localhost:32000/mail



6. Maka akan muncul tampilan gambar di atas, untuk membuat user baru klik link Sign-up for a new account. Isilah User Name, Password, Full Name dengan user account yang anda inginkan .


7. Ketika semua isian pada form sudah di tulis maka akan secara otomatis telah muncul account yang diinginkan ketika menekan tombol Create Account.


Remote Administration

Merak Mail server dapat juga di konfigurasikan lewat browser dengan mengetikkan http://localhost:32000. Catatan: Untuk mengakses mail server lewat jaringan maka tulisan localhost diganti dengan nomor TCP/IP server email atau nama server.


Masukkan User Name dan Password dengan nama user yang memiliki hak penuh untuk mengatur email server mis: admin (user yang sudag kita definisikan di atas). Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah


Maka dengan fasilitas-fasilitas administrator mail server yang muncul pada browser, administrator dapat dengan mudah mengkonfigurasikan email servernya dari komputer manapun.

Mailing List

Pengertian mailing list adalah kelompok pengguna email yang tertarik untuk membicarakan suatu topik ke dalam email group. Jadi setiap yang menjadi anggota mailing list akan menerima setiap email yang dikirim anggota lain ke mailing list tersebut.Untuk membuat sebuah mailing list pada merak mail server dibutuhkan intalasi:
• Domain email server
• Administrator domain email server
• Alamat domain malinglist
• Alamat domain list server

Karena instalasi domain dan administrator domain email server sudah dibuat pada langkah-langkah sebelumnya, maka yang perlu dibuat sekarang ialah alamat domain mailing list dan list server.

Konfigurasi Mailing List

1. Dengan domain labkomputer-lpkt.sch.id mail server dalam keadaan terpilih, pada menu accounts pilih Add dan klik New Mailing List


2. Maka akan muncul isian form untuk mendefenisikan mailing list yang akan dibuat.


3. Isikan pada Alias adalah nama mailing list, mis: “kita-kita” maka alamat mailing list nanti adalah kita-kita@labkomputer.sch.id
4. Isikan pada Owner untuk user yang akan mengatur mailing list ini.
5. Pada List File adalah isian untuk path file yang kita buat untuk melihat daftar anggota mailing list, mis: c:\merakmsg\list.txt
6. Pilihan Set “From: ” To, Set “Reply To” dan To Originator gunanya agar ketika mereply email dari mailing list tidak ke user yang mengirim email tetapi secara otomatis mereply ke mailing list.
7. Pilihan Swap Field jika akan menampilkan nama pengirim email pada email yang diterima anggota mailing list .


8. Pada tab Options bisa kita sisipkan kalimat pada subject setiap email yang masuk ke mailing list dengan nama mailing list mis: [kita-kita]


9. Klik tombol Save jika telah selesai mengisi isian yang diperlukan pada mailing list yang dibuat.

Konfigurasi List Server

List server adalah server yang digunakan untuk memelihara dan meremote mailing list yang ada pada mailing list server. Cara membuat list server yang baru pada sebuah domain email:

1. Dengan domain labkomputer-lpkt.sch.id mail server dalam keadaan terpilih, pada menu accounts pilih Add dan klik New List Server maka akan muncul tampilan isian mengenai list server yang akan dibuat.


2. Isikan pada Alias untuk alamat email list server
3. Isikan pada Description dengan deskripsi mengenai list server.
4. Pada Owner isikan user yang mengatur list server
5. Biarkan kosong pada isian List File, Digest/confirm, Set “From: “ To, karena telah di konfigurasikan pada mailing list server.
6. Beri tanda pilihan pada “List Server” dan “Subject” untuk mengaktifkan command-command yang ada pada list server.
7. Klik tombol Save jika sudah selesai mengisi semua yang diperlukan pada List Server.


Menguji Kerja List Server

Untuk menguji list server yang telah dibuat, bukalah internet explorer dan ketikkan pada address http://namaserver:32000/mail untuk membuat user account email baru lewat browser, caranya:


• Klik tulisan “Sign-up for a new account”
• Isilah pada User dengan nama user yang diinginkan
• Isikan pada Password dengan password untuk user tersebut.
• Isikan pada Confirm Password dengan isian password yang diatas.
• Isikan pada Full Name dengan nama yang ingin ditampilkan ketika email sampai pada penerima.


• Login ke email server dengan user account email yang baru dibuat, kemudian kirim email ke list server untuk mendaftar menjadi anggota mailing list kita-kita@labkomputer-lpkt.sch.id.
• Untuk mendaftar menjadi anggota mailing list kirim email kosong dengan subject email ketikkan: JOIN/ SUSCRIBE kita-kita@labkomputer-lpkt.sch.id, user@labkomputer-lpkt.sch.id, User biasa.
• Klik tombol Send


JOIN/ SUBSCRIBE adalah salah-satu command list server yang tujuannya untuk bergabung dengan sebuah mailing list. Perintah lainnya LEAVE/ UNSUBSCRIBE untuk mengundurkan diri dari anggota mailing list. Sedangkan untuk melihat daftar anggota gunakan command LISTS/ REVIEW. Command-command tersebut diketikkan pada Subject email.


Jika telah terkirim maka otomatis List server akan mengirim email jawaban yang berisi :

List server report: User User biasa has been successfully subscribed to the mailing list: kita-kita@labkomputer-lpkt.sch.id

Recipient: List Server
User User biasa has been successfully subscribed to the mailing list: kita-kita@labkomputer-lpkt.sch.id

Maka dengan menerima jawaban email dari list server di atas berarti kita telah menjadi anggota mailing list.
Menguji Mailing List Server

Setelah berlangganan ke mailing list , sekarang untuk mencoba mengirim email ke seluruh anggota mailing list, tulislah sebuah email yang ditujukan ke kita-kita@labkomputer-lpkt.sch.id. Maka secara otomatis jika mailing list server telah berjalan dengan benar maka kita juga menerima email tersebut karena kita telah menjadi anggota mailing list dengan nama pengirim yang sesuai dengan user account yang kita gunakan tadi.


Sekarang coba untuk mereply email tersebut maka akan muncul tampilan pada tampilan To adalah ke Mailing list bukan ke user yang mengirm email tersebut.


Berarti Mailing List server sudah berrfungsi dengan benar.

Label:

posted by darajat @ 06.20  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
About Me


Name: darajat
Home: Bogor, Indonesia, Indonesia
About Me: saya adalah saya tidak mau menjadi orang lain
See my complete profile

Previous Post
Archives
Links
Template by
Blogger Templates